NUANSA IMAN

KOMUNITAS KELUARGA ALLAH YG DEWASA & BERTUMBUH DALAM SEGALA HAL KE ARAH KRISTUS

Rabu, 13 Oktober 2010

BERPIKIR BENAR, BERKATA BENAR DAN BERTINDAK BENAR !!!


"Siapakah orang yang menyukai hidup, yang mengingini umur panjang untuk menikmati yang baik ?" 
(Mazmur 34:13)


Mazmur 34:13 menyatakan bahwa manusia bisa mencari & mendapatkan 3 (tiga) hal, yaitu :
- Kehidupan yg menyenangkan
- Umur yg panjang
- Hal-hal yg baik.
Bolehkah kita Menikmati hidup? Mengingini umur panjang? & mendapatkan hal2 baik itu?
Boleh saja, bahkan kita HARUS menikmati hidup! TUHAN tidak melarang kita menikmati hidup, justru IA menempatkan kita di-bumi ini dgn segala isi & fasilitasnya agar kita nikmati & kelola dgn baik.

(Kejadian1:28-29) Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: "Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi." Berfirmanlah Allah: "Lihatlah, Aku memberikan kepadamu segala tumbuh-tumbuhan yang berbiji di seluruh bumi dan segala pohon-pohonan yang buahnya berbiji; itulah akan menjadi makananmu. 
 
Tapi ternyata banyak orang tidak mencari hal2 itu. Karena banyak dari mereka salah konsep mengenai "kenikmatan hidup",
"Ayo kita menikmati hidup!mumpung masih muda, masih banyak waktu, Belanda masih jauh...ayo kita kebut2an, nge-drugs, minum2 & Get Free Sex sepuasnya!"

Itu bukan menikmati hidup, melainkan cari mati ! Menyia-nyiakan nyawa sendiri dengan terus hidup dalam dosa, mencari kenikmatan & menuju kematian melalui freesex, narkoba, kebut-kebutan, kekerasan, tindak pidana, pornografi, percabulan, perzinahan, dll. Sekali lagi, itu bukanlah menikmati hidup, melainkan cari mati! karena semua "kenikmatan" itu menuju satu ujung saja : Kematian! 
Ada juga yg berpikir bahwa Menikmati hidup adalah :MENGHINDARI KONFLIK. Tak mau ribut dengan sesama,melarikan diri dari persoalan, dsb. OK hal itu baik2 saja. Tapi jika ingin benar2 bebas konflik. Tinggallah sendirian di-hutan terpencil sana!

Ayat selanjutnya dari Maz 34:13 tersebut justru berkata, apabila kita "menyukai kehidupan, menginginkan umur panjang & menikmati yg baik" maka kita harus melakukan 3 (tiga) hal. Apa sajakah itu ???

-----------------------------
1. MENJAGA UCAPAN
-----------------------------
Ada banyak orang berpikir bahwa menjaga ucapan menurut Firman TUHAN adalah HARUS berbicara dengan Kalem, Lemah lembut, adem ayem sayur bayem. Namun justru para Penipu-lah yg biasanya bermulut Manis! Alkitab berkata:

Mazmur 34:14 Jagalah lidahmu terhadap yang jahat dan bibirmu terhadap ucapan-ucapan yang menipu.
 
Alkitab berkata agar Ucapan kita "JUJUR / TIDAK MENIPU !!!"  bukan sekedar kalem, manis, lembut & semacamnya. Orang yang tak menjaga ucapannya akan hidup penuh Kebebalan & tiada Damai sejahtera. Orang yang mulutnya Asbun, Asma & Asbak (Asal bunyi, Asal Mangap & Asal Nyablak) pasti akan kena batunya suatu saat. Demikian pula orang yang munafik, menutup-nutupi ucapannya demi sekedar menjaga etika, supaya kelihatan baik & menjaga hubungan, padahal ia tahu bahwa ada seseorang berada dalam bahaya, namun ia tidak mau memperingatkan dengan alasan "Saya nggak mau menghakimi", "biar urusan TUHAN saja" dsb.

Ada seorang wanita yg  berkata : "Saya dari kecil memang kalo bicara kasar pak, tak bisa dirubah, ya inilah saya ya begini ini". Ia merasa bangga dgn "begini ini"-nya dia. Tak heran ia sering digampar suaminya karena ia keras hati & kasar bicara pd laki2. Padahal Alkitab berkata bahwa seorang wanita bijak itu:

"Ia membuka mulutnya dgn Hikmat. Pengajaran yg lemah lembut ada di-lidahnya!" (Amsal 31:26).
 
Jangan Asbun, Asma & Asbak! Jaga ucapanmu, maka engkau akan mendapatkan hal2 baik daripadanya. Namun jangan pula, tampak lembut, tak ingin menyakiti orang lain, namun bersikap munafik & egois tak mau memperingatkan orang lain dari bahaya.

Saya sedih sekali ketika ada seorang rekan Pendeta yg berkata kepada saya tentang seseorang "Ah , apa kamu tau tentang dia?" "Emang dia kenapa?" tanya saya. "Ya nanti kau akan tau sendirilah" katanya. "Tau tentang apa? emang dia kenapa?" desak saya. "Ah, aku tak mau menghakimi-lah, biar itu urusan dia ama TUHAN. Yang penting kamu hati2".... kepada orang semacam ini, sepantasnya kita berkata : "Kamu yg Munafik jika berkata begitu. Kamu membiarkan orang lain berada dalam keragu-raguan & menebak-nebak hal-hal yg tidak ia ketahui. Kalo memang tau masalahnya dia apa, ya jangan kasak-kusuk. Ungkapkan aja apa adanya. Kalo memang dia salah, ya kita nasehati. Kalo enggak, beri dia kesempatan membela diri. Jangan kasak-kusuk !!! "

Saya juga paling gak suka kalo ada orang yg ngasih tau begini : "Pak, ada seseorang yg gak suka ama bapak. Dia begini... begitu..., dsb."  biasanya saya akan tanya: "Siapa? Gak suka soal apa?"....dan jika kemudian dia menjawab "Ah... tak perlu saya sebutkan namanya, pak. Yang penting bapak tau aja."... maka saya langsung tidak akan menggubris omongannya. Bagi saya, itu hanya sekedar omongan Whistleblower (Peniup peluit / tukang Gossip).

Amsal 27:5  Lebih baik teguran yang nyata-nyata dari pada kasih yang tersembunyi.
 
karena seorang teman yg baik akan mengucapkan & memberi informasi sejelas2nya kepada sahabatnya serta tidak membiarkan sahabatnya hidup dalam praduga2 dan prasangka2 tak jelas, serta kekuatiran yg tak beralasan.

Amsal 27:6  Seorang kawan memukul dengan maksud baik, tetapi seorang lawan mencium secara berlimpah-limpah. 
 
Alkitab juga berkata: "Jauhkan bibirmu dari ucapan2 menipu".... Ucapan tegas & keras yg mengandung Kebenaran jauh lebih berarti dibanding perkataan lemah lembut yg penuh kemunafikan. Jika kita mau Belajar dari Yesus, maka kita akan melihat Yesus sangat penuh Kasih & Lembut terhadap para pendosa yg bertobat & mereka2 yg mencari Kebenaran. Namun Yesus sangat Tegas & Keras terhadap orang2 munafik, mereka2 yg mencari pembenaran diri sendiri & yg mencari2 KesalahanNYA.

Berkali2 Yesus bersikap tegas & berkata keras
Yohanes 6:60  Sesudah mendengar semuanya itu (dari Yesus) banyak dari murid-murid Yesus yang berkata: "Perkataan ini keras, siapakah yang sanggup mendengarkannya?"
 
banyak yg Terkejut dgn perkataan2 Yesus yg seringkali tajam dalam membongkar Dosa & menyampaikan Kebenaran. Di-ZamanNya-pun Yesus sering mendapat kecaman karena bersikap "INTOLERANCE" terhadap Kemunafikan. Namun Kebenaranlah yg diucapkanNYA.

"JANGAN BERKATA KERAS, 
JANGAN BERKATA LEMBUT. 
BERKATALAH BENAR !!!"

---------------------------------
2. MENJAGA TINDAKAN
---------------------------------
Mazmur 34:14 (34-15) jauhilah yang jahat dan lakukanlah yang baik, carilah perdamaian dan berusahalah mendapatkannya!
 
Yosua 1:8 Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.
 
Alkitab berkata agar kita "BERTINDAK SESUAI FIRMAN TUHAN" !!!
Ada beberapa orang yang ucapannya manis, lemah lembut, meyakinkan, penuh Kharisma,dsb. Mereka bahkan memakai ayat-ayat Firman TUHAN yg diputarbalikkan menurut jalan pikirannya sendiri. Namun penuh Tipu daya & menyesatkan banyak orang. Ya! Banyak orang!!! Apesnya, banyak umat jauh lebih percaya kepada para Hamba TUHAN bermulut manis & menghibur daripada para Hamba TUHAN yg hidup dengan karakter Kristus.

Apakah kita bisa berdamai dengan SEMUA ORANG? Saya rasa tidak. Kita tak mungkin bisa menyenangkan hati setiap orang. Alkitab berkata Selain menjaga ucapan, terlebih penting adalah menjaga TINDAKAN. Banyak org yg Omdo, Ombes, & Ompong (Omong doang, Omong besar & Omong kosong melompong).  Bertindak tak sesuai ucapannya. Orang Jogja bilang "Ono Gajah diblangkoni" (Iso kotbah ora iso nglakoni / bisa menasehati tapi tak bisa melaksanakan sendiri). Jaga tindak-tandukmu, maka teranglah jalanmu!

Ada seseorang bernama "Makimpus Gaol" yang pernah memberi nasehat "Kalo ada Hamba TUHAN salah, BERDOA SAJA!" lalu saya bilang"TIDAK! Kita juga harus mengingatkannya sebagai sesama saudara seiman." lalu dia malah marah2 & mendebat saya hingga berhari2. Untuk apa dia mendebat saya jika dia sendiri TIDAK "BERDOA SAJA" seperti yg dinasehatkannya sendiri? padahal pada awalnya ia menyuruh utk "BERDOA SAJA".  Menurut saya, hal itu termasuk "Ucapan Yang Menipu" karena menipu dirinya sendiri.

"JANGAN BERTINDAK CEPAT. JANGAN BERTINDAK LAMBAT. BERTINDAKLAH BENAR !!!! "
 
----------------------------------------
3. MENJAGA HATI / PIKIRAN
----------------------------------------

Mazmur 34:18 (34-19) TUHAN itu dekat kepada orang-orang yang patah hati (Bahasa Ibraninya :SHAWBAR : sabar, tenang,menjaga hati), dan Ia menyelamatkan orang-orang yang remuk jiwanya (Ibrani: DAKKA RUACH : hancur/roh/pikirannya).
 
Amsal 4:23 Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.

Hati kita akan menjadi Waspada, bila "HATI KITA SELARAS DENGAN FIRMAN TUHAN" !!!
Pikiran yg baik membuat mata hati kita terang. Jika mata hati kita terang, tubuh kitapun jadi sehat (Matius 6:22).

Mat 6:22  Mata adalah pelita tubuh. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu; 
 
Sangat penting menjaga hati & pikiran kita agar kehidupan kita berjalan dgn baik. Kekuatiran, Dendam, Kekecewaan, dsb sangat mengotori pikiran & membuat kita jauh dari TUHAN. Hati & pikiran harus senantiasa kita jaga dengan Firman TUHAN. Maka Anda akan peka terhadap Dosa. Sehingga saat kita melihat Dosa, Ketikdaadilan, dsb terjadi maka hati kita akan peka. Bukan tidak peduli, egois, tidak mau tahu, dsb hanya karena alasan "Jangan menghakimi"... "Itu urusan TUHAN"...  "Berdoa saja"...dsb.

"JANGAN BERPIKIR POSITIF. JANGAN BERPIKIR NEGATIF. BERPIKIRLAH BENAR !!!"
 
Camkanlah ini:
"Pikiran yg benar, Ucapan yg benar, Tindakan yg benar, akan mendatangkan Kehidupan yg Bahagia."
 
Tidak ada pikiran yg menuduh kita. Tidak ada yg kita tutup-tutupi. Kita bisa tidur dengan tenang karena kita hidup jujur apa adanya.



"Karena tidak semua yg baik adalah Benar, namun apa yg Benar selalu baik !"
Amien!!!
  (From Pst.Wenas) 
God Bless You

From The Desk of :
Daniel Kurniawan

 Notes # 27


Tidak ada komentar: