NUANSA IMAN

KOMUNITAS KELUARGA ALLAH YG DEWASA & BERTUMBUH DALAM SEGALA HAL KE ARAH KRISTUS

Rabu, 13 Oktober 2010

MENDAKI GUNUNG MASALAH


Setiap orang pasti mengalami Masalah. Hanya orang Mati & orang Gila aja yg mungkin Bebas dari masalah. Meski sebenarnya merekapun punya masalahnya sendiri....
Sadari dulu bahwa "SETIAP MANUSIA PASTI PUNYA PERSOALAN" !!!

Namun Sebenarnya yang seringkali menjadi penghambat bukanlah persoalan itu sendiri, melainkan bagaimana reaksi kita dalam menghadapi persoalan tsb. Setiap orang punya reaksi berbeda2 dalam menghadapi persoalan. Reaksi seseorang dalam menghadapi masalah bagaikan mendaki gunung. Mari kita lihat beberapa reaksi orang dalam menghadapi gunung masalah. 3M. Tipe yang manakah Anda?

-------------------------------------------------
1. MANDEK / QUITTERS (II Tim 1:7)
-------------------------------------------------
Orang2 jenis ini adalah orang2 jenis QUITTERS (Mandek/Berhenti) saat menghadapi problem, mereka adalah orang2 Penakut yg langsung mundur & menolak kesempatan yang diberikan oleh gunung masalah tsb. Orang2 jenis ini adalah orang2 penakut yang berhenti sebelum memulai pendakian, kalah sebelum berperang, berhenti sebelum bertanding, putus asa sebelum berjuang. Padahal Alkitab berkata dalam
2Timotius 1:7 "Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban." 

Jangan Takut dalam menghadapi Persoalan! Jangan Lari & menjadi Pengecut! Hadapilah dengan Berani!


------------------------------------------------
2. MUTUNG / CAMPERS (Bil 21:4-5)
------------------------------------------------
Bilangan 21:4-6 Setelah mereka berangkat dari gunung Hor, berjalan ke arah Laut Teberau untuk mengelilingi tanah Edom, maka bangsa itu tidak dapat lagi menahan hati di tengah jalan. Lalu mereka berkata-kata melawan Allah dan Musa: "Mengapa kamu memimpin kami keluar dariMesir? Supaya kami mati dipadang gurun ini? Sebab di sini tidak ada roti dan tidak ada air, dan akan makanan hambar ini kami telah muak." Lalu TUHAN menyuruh ular-ular tedung ke antara bangsa itu, yang memagut mereka, sehingga banyak dari orang Israel yang mati.
 
Sebelum bangsa Israel mengalami kemenangan sehingga akhirnya bisa merebut salah satu wilayah di-Kanaan yakni Horma. Namun saat mereka melanjutkan perjalanan ke-arah Laut Teberau, mereka tiba2 MUTUNG (berhenti di-tengah jalan) & mulai tak dapat menahan diri lagi, lalu mereka ngomel2 pada TUHAN. Akibatnya mereka mati dipagut ular di-padang gurun.

Orang2 jenis MUTUNG (Bhs.Jawa= Berhenti ditengah jalan) ini dalam menghadapi gunung masalah, bagaikan orang yang berani mendaki sampai ketinggian tertentu, kemudian berhenti & mencari tempat yg datar & nyaman utk berkemah. Sukses sedikit-langsung berpuas diri. Bahkan gagal sedikit, langsung Mutung. Kecewa dgn gereja terus Mutung. Kecewa dgn Hamba TUHAN terus Mutung. Kecewa dgn TUHANpun terus Mutung juga. Semua serba nanggung & nggak tuntas.

Seperti Yudas, saat gagal, dia berhenti/mutung, akhirnya binasa. Namun Petrus, yg sama2 gagal, akhirnya tetap maju terus & berhasil sukses menjadi Rasul Syahid. Itulah bedanya orang MUTUNG dengan mereka yang MAJU TERUS !!! Hasil Akhirnya sungguh berbeda.....

-----------------------------------------------------------
3. MAJU TERUS / CLIMBERS (Maz 129:1-2)
-----------------------------------------------------------
Orang2 jenis ini adalah orang2 pemberani yg tidak takut dalam menghadapi persoalan. Mereka seumur hidup menikmati pendakian & melihat masalah sebagai Ujian & Tantangan.

Mazmur 129:1-2 Nyanyian ziarah. Mereka telah cukup menyesakkan aku sejak masa mudaku--biarlah Israel berkata demikian--mereka telah cukup menyesakkan aku sejak masa mudaku, tetapi mereka tidak dapat mengalahkan aku
 
Marilah menjadi orang2 yg tak mudah undur dari hadapan TUHAN. Tetap maju terus dlm menghadapi gunung masalah & tetap setia melayani TUHAN. Ingatlah “Jangan pernah mengukur tinggi sebuah gunung sebelum Anda mencapai puncaknya. Karena saat di-puncak, Anda akan melihat betapa rendahnya gunung itu. Sebab kaki Anda sudah menapak puncak tertingginya.”

Oleh karena itu, hadapi & dakilah dgn berani gunung2 masalah itu!!! -Akhir kata, mari kita baca: IBRANI 10:38-39

Ibrani 10:38-39 Tetapi orang-Ku yang benar akan hidup oleh iman, dan apabila ia mengundurkan diri,maka Aku tidak berkenan kepadanya." Tetapi kita bukanlah orang-orang yang mengundurkan diri dan binasa, tetapi orang-orang yang percaya dan yang beroleh hidup.
 
AMIN!!!

God Bless You

"Hitherto the Lord has helped us."
Ebenhaezer
From the desk of  Daniel Lauw

(From Pst.Wenas – Trinity Church)

Tidak ada komentar: