NUANSA IMAN

KOMUNITAS KELUARGA ALLAH YG DEWASA & BERTUMBUH DALAM SEGALA HAL KE ARAH KRISTUS

Rabu, 13 Oktober 2010

LANGKAH – LANGKAH KEBERHASILAN

Jika Anda sering mengikuti Seminar-seminar Motivasi tentang Kesuksesan, Manajemen Keberhasilan, dsb, maka seharusnya Anda mengenal mengenai "Soda Spirit" (bukan Soda Sprite yach? tapi emang mirip sich)....
Apa itu SODA SPIRIT ???


Yakni orang-orang yang begitu bersemangat, berapi-api saat mendengar Seminar, pengennya langsung loncat dari kursi, keluar gedung utk mempraktekkan apa saja yg didengarnya selama Seminar. Rasanya emosi begitu terbakar & menyala2-nyala Namun setelah beberapa bulan,beberapa minggu, bahkan beberapa hari saja, Api Semangat itu seolah padam karena berbagai kesibukan, kemalasan, dsb. Persis seperti minuman soda yang begitu botolnya dibuka langsung "Cessss" sodanya berbuih kencang. Namun setelah beberapa saat menyusut bahkan menghilang. Mengapa hal itu terjadi?

Mereka mendasari semua 'PEMOMPAAN SEMANGAT' tsb bukan karena Cinta akan TUHAN, melainkan Cinta akan Diri Sendiri. Ego mereka dibangun & mimpi-mimpi (lebih tepatnya Fantasi) mereka dibangkitkan.


Nah...Dalam JIWA ada 3 (tiga) unsur, yaitu: PIKIRAN, PERASAAN,KEHENDAK.
Ketika Perasaan saja yang di-ungkit, maka Kehendak akan Muncul & emosi terbakar.
Namun jika Pikiran tidak benar-benar ditanamkan mengenai Konsep-konsep Keberhasilan yang Sejati, maka "Api Menyala" tsb akan segera padam dalam sekejap. Masalah terbesar adalah, menanamkan Konsep Keberhasilan tsb haruslah dilakukan secara Konsisten, tak bisa hanya dalam beberapa jam atau 1-2 kali pertemuan saja. Harus di-Maintain secara kontinyu.

Banyak sekali seminar mengenai Kesuksesan disampaikan & didengarkan oleh banyak orang. Tapi mari kita lihat apa saja langkah-langkah Sukses Sejati menurut Firman TUHAN :

1. BERPUSAT PADA KRISTUS (Matius 6:33)
Matius 6:33 Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.
 
Seseorang yang hidupnya berpusat pada Kristus akan menempatkan fondasi yang kuat dlm hidupnya untuk mempunyai karakter kesuksesan. Apa yang dicapainya adalah anugrah TUHAN, bukan karena kekuatannya sendiri semata-mata. Apapun yg dikerjakannya adalah untuk kemuliaan TUHAN, bukan diri sendiri. (I Kor 10:31). Ia Fokuskan semuanya demi Kemuliaan TUHAN.

I Korintus 10:31 Aku menjawab: Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah.
 
2. VISION / TUJUAN YANG JELAS (Hakim- Hakim 16:21)
Hakim 16:21 Orang Filistin itu menangkap dia, mencungkil kedua matanya dan membawanya ke Gaza. Di situ ia dibelenggu dengan dua rantai tembaga dan pekerjaannya dipenjara ialah menggiling.

Saat dipenjara & matanya dicungkil, Simson buta tak dapat melihat lagi & pekerjaannya dipenjara hanya menggiling. Demikian pula kita. Bila kita sudah tak dapat melihat Visi & tak punya tujuan hidup lagi, maka kita sedang menuju kegagalan. Hidup kita akan "DIRANTAI TEMBAGA", ada begitu banyak beban & ikatan, dan pekerjaan kita hanyalah "MENGGILING" alias berputar2 di-tempat. Tak pernah maju. Karena itu, punyailah Visi & Tujuan yg jelas dalam hidupmu!!!

3. STRATEGY / RENCANA (Lukas 14 : 28 – 31)
Lukas 14:28-31 :  Sebab siapakah diantara kamu yang kalau mau mendirikan sebuah menara tidak duduk dahulu membuat anggaran biayanya, kalau-kalau cukup uangnya untuk menyelesaikan pekerjaan itu? Supaya jikalau ia sudah meletakkan dasarnya dan tidak dapat menyelesaikannya, jangan-jangan semua orang yangmelihatnya, mengejek dia,sambil berkata: Orang itu mulai mendirikan, tetapi ia tidak sanggup menyelesaikannya. Atau, raja manakahyang kalau mau pergi berperang melawan raja lain tidak duduk dahulu untuk mempertimbangkan, apakah dengan sepuluh ribu orang ia sanggup menghadapi lawan yang mendatanginya dengan duapuluh ribu orang ?
 
Orang yg bijaksana akan melangkah dengan perencanaan matang. Jika seseorg tak punya rencana dlm mengerjakan sesuatu, maka pekerjaannya akan kacau balau & tidak efisien. Ia harus menghitung betul & menyadari seberapa & sampai dimana kekuatan & kelemahannya sendiri. Orang Bijak itu justru orang yg menyadari Kelemahannya sendiri, lalu mengelola kelemahan itu dengan baik. Bukannya terlalu berfokus pada Kekuatan semata, karena jika kita fokus pada kekuatan terus, maka kelemahan kita menjadi terabaikan & pada saat diserang, kita tidak siap & tumbang.

4. ACTION / TINDAKAN (Amsal 20:18)
Amsal 20:18 Rancangan terlaksana oleh pertimbangan,sebab itu berperanglah dengan siasat.
 
Saya sering bertanya pada banyak orang, "Bagaimana cara paling awal utk mewujudkan mimpi?" Jawabannya Beragam, tapi Cara paling Efektif adalah:
"BANGUNLAH DARI TIDURMU TERLEBIH DAHULU !!!"
 

Jika kamu hanya tidur melulu, maka mimpi itu hanya akan sekedar menjadi Bunga Tidur. Tak akan pernah Terwujud dalam kehidupan nyata. Memiliki rencana adalah bagus,namun tanpa tindakan, semuanya hanyalah teori diatas kertas. Ada istilah “Plan your work & work your plan”. Rencanakan kerjamu & kerjakan rencanamu. Wujudkan itu! Bangunlah! Bekerjalah! Karena hanya orang2 yang Rajin Bekerja-lah yg berhak mendapat Rezeki. Burung yang keluar lebih awal, mendapatkan Makanan lebih baik.

5. EVALUATION & INNOVATION (Markus 13:28)
Markus 13:28 Tariklah pelajaran dari perumpamaan tentang pohon ara. Apabila ranting-rantingnya melembut dan mulai bertunas, kamu tahu, bahwa musim panas sudah dekat.
 
Setiap tindakan yg kita lakukan harus ada Evaluasi utk menilai kinerjanya. Kita harus peka terhadap Perubahan.

Evaluasilah!!!
Jika "pohon ara" Bisnis atau kehidupan karir kita mulai berubah, maka kita harus paham, bahwa "Inovasi" harus benar2 segera dilaksanakan. Setelah ada evaluasi, maka kita bisa menerapkan langkah berikutnya, yaitu Inovasi2 /perubahan2 baru ke arah lebih baik. Kelebihannya kita tingkatkan & kelemahannya kita perbaiki terus sehingga makin hari makin sempurna.

Ir.Ciputra pernah berkata: "Bagi saya, hanya ada satu kata : ***INOVASI atau MATI***
Demikianlah hendaknya keberhasilan Anda dalam bidang apapun didasari kerinduan besar utk memuliakan TUHAN, bukan untuk Kebesaran dirimu sendiri. Dengan begitu, engkau bisa berhasil dalam banyak bidang & menikmati semua keberhasilanmu itu sebagai Anugerah besar dalam hidupmu!

Prinsip-prinsip Manajemen illahi ini harus kita terapkan dalam kehidupan kita utk mencapai Kesuksesan yg baik. Apabila Kesuksesan kita dapatkan, ingatlah bahwa semua itu adalah Anugrah TUHAN, TITIPAN!!! bukan karena kehebatan kita.

Tetaplah “Rendah Hati & Takut akanTUHAN ” (Amsal 22:4). INGATLAH BAIK2 BAHWA :
Amsal 22:4 Ganjaran kerendahan hati dan takut akan TUHAN adalah kekayaan, kehormatan dan kehidupan.
 
AMIEN!!!

---
God Bless You

"Hitherto the Lord has helped us."
Ebenhaezer
From the desk of  Daniel Lauw

(From Pst.Wenas)

Tidak ada komentar: