NUANSA IMAN

KOMUNITAS KELUARGA ALLAH YG DEWASA & BERTUMBUH DALAM SEGALA HAL KE ARAH KRISTUS

Kamis, 06 Desember 2012

4 KARAKTER MANUSIA-MANUSIA NATAL


Tak terasa kita telah memasuki bulan Desember. Makin mendekati hari Natal. Suasana dan moment yang dinantikan umat kristiani di seluruh dunia. Pernak pernik, pohon natal, salju dan ornamen-ornamen khas lain; ramai menghiasi.

Natal dipercaya sebagai hari kelahiran Isa Almasih. Nabi dan Tokoh yang tercatat dalam sejarah dunia. Orang Kristen mentradisikan dan bahkan percaya, 25 Desember adalah ‘ulang tahun’ Juru Selamat manusia, Yesus Kristus.

Kisah natal begitu terkenal. Yesus lahir dari perawan Maria (Bunda Maria, Siti Mariam), dikandang domba. Dimalam berbintang terang, dikunjungi oleh gembala dan orang majus. Itulah kisah natal pertama di Betlehem, tanah Yudea, Palestina. Dalam injil Matius, diceritakan demikian:

Setelah Yesus lahir, orang majus ahli perbintangan dari timur datang ke Yerusalem dan bertanya-tanya: “Dimana Dia, Raja orang Yahudi yang baru dilahirkan itu? Kami telah melihat bintang-Nya di Timur dan kami datang untuk menyembah Dia”. Raja Herodes yang sebagai penguasa di daerah itu, terkejut & kuatir, kuatir ada pesaing dirinya. Lalu Herodes berdiskusi dengan ahli Taurat dan imam kepala (para ahli kitab-kitab nabi), untuk memastikan “apakah benar Raja Yahudi akan lahir?”.

Ternyata benarlah berita itu. Kelahiran Isa Almasih, telah dinubuatkan & tertulis dlm kitab nabi beribu tahun sebelumnya. Herodes ingin menyingkirkan saingannya itu, yg dia pikir adalah seorang hebat yg akan menjadi raja (pemerintah di Yudea). Padahal yg lahir hanya seorang nabi luar biasa dari Tuhan.

Untuk merealisasikan rencana pembunuhan kepada ‘bayi Raja’. Herodes memanggil orang majus dari Timur. Herodes berkata: ingin menyembah raja yang baru lahir itu, maka setelah kamu (orang majus) mendapatkan dimana raja itu, kembalilah kemari. Padahal itu adalah tipu muslihat utuk membunuh Yesus.

Orang majus mengikuti bintang terang itu, di kandang domba bersama ibunya (Maria) & mendapatkan bayi Isa Almasih yang adalah Raja (sebenarnya bukan untuk memerintah dibumi). Orang2 majus yg adalah orang kaya, mempersembahkan benda-benda berharga kepada Yesus. Lalu pulanglah mereka, tetapi tidak sesuai perintah Herodes, mereka tidak kembali untuk mengabarkan dimana ‘bayi Raja’(Yesus) itu.

Dari cerita diatas, yang diambil dari injil Matius. Ada 5 tokoh:

1. Yesus (Isa Almasih)
2. Org majus,  ahli bintang dr Timur/Iraq
3. Raja Herodes
4. Imam kepala & Ahli2 taurat/Farisi
5. Maria (Ibu Yesus)

yang mewakili 4 karakter didalam manusia, yaitu:

1. EGOIS
Adalah orang yang memikirkan diri sendiri, orang lain ‘tidak ada’. Terus memperkaya diri, gila kekuasaan, sombong, angkuh. Karena itulah hidupnya selalu khawatir. Khawatir ada yang mengambil kekayaannya dan kekuasaanNya.

2. FARISI
Berasal dari kata (farisi:ahli taurat). Adalah orang yang hanya tahu teori belaka. Mereka pemikir, tapi sebatas konsep dan tidak melakukan sama sekali.

3. TEOSENTRIS
Berasal dari kata (Theo: Tuhan dan Sentris: Pusat). Orang yang berpusat pada Tuhan. Pikiran dan hatinya berserah dan pasrah kepada Tuhan. Terus “mencari” Tuhan

4. HUMANIS
Kebalikan dari Egois. Orang ini begitu ‘sosial’. Bahkan tidak memikirkan diri sendiri dan keluarga sendiri, yang dia pikirkan hanya orang lain.

Coba Anda pikir! Cocokkan 5 tokoh dalam cerita diatas, dengan 4 karakter manusia yang dijelaskan diatas.


 JAWAB:

1. Siapa yang Egois? Yang memikirkan diri sendiri dan gila kekuasaan?
Ya, Raja Herodes. Dia khawatir ada saingan yang ambil kekuasaannya. Maka dia ingin membunuh semua anak dibawah 2tahun (Matius 2:16-23). Tidak memikirkan orang lain, bukan?!

2. Siapa yang berkarakter Farisize? Yang sudah tahu, tetapi tidak melakukan?
Sudah jelas dari katanya: Farisi. Jadi orang farisi, imam kepala, ahli taurat punya karakter ini. Mereka sudah tahu dari kitab nabi, mereka ahli kitab itu. Tetapi mereka tidak mempercayai nubuat Tuhan itu. mereka tidak mencari Isa Almasih apalagi menyembah Dia.

3. Siapa Tokoh yang berkarakter Teosentris? Yang percaya dan melakukan semua perintah Tuhan?
Ya, Maria. Sebelum mengandung, dia didatangi malaikat utuk mengabarkan bahwa dia akan hamil. Pasti dilemma berat buat perawan yang telah bertunangan (dengan Yusuf). Apa kata orang-orang? Akan tetapi Maria “nurut aja” apa kata Tuhan. Ada satu lagi. Orang majus dari Timur, itu Teosentris. Dia begitu ingin “mencari” Tuhan. Setelah “mendapat”, mereka “menyembah”.

4. Siapa yang Humanis? Yang memikirkan orang lain tanpa peduli diri sendiri?
YESUS (Isa Almasih). Dia datang meninggalkan surga datang ke bumi untuk menyelamatkan manusia berdosa. Bahkan rela mati di kayu salib.
Dalam hidupnya pun Yesus mengajarkan perkara HUMANISME. Bagaimana harus hidup & menghargai kemanusiaan. Lebih mementingkan sesama daripada dirinya sendiri.


Sekarang renungkan !
Yang mana karakter pribadi Anda?
Mana yang “lebih” dalam diri Anda?

Orang yang hebat dan Sehat Karakternya adalah orang yang “kadang-kadang”. Artinya dia bisa kadang-kadang berkarakter Egois, Farisize, Humanis. Tetapi harus selalu Teosentris. Karena Tuhan itu No.1 dalam hidup ini. Kita harus bisa berkarakter tepat di saat yang tepat.

SELAMAT NATAL…



With Love in Christ
 Daniel Kurniawan

 
 


Tidak ada komentar: